Liburan Ala Backpacker Ke Jogja

by 09.24 3 komentar

Backpacker Hemat Surabaya - Jogja

Yogyakarta atau kadang di ditulis Jogjakarta telah dikenal dengan julukan “Keindahan Asia yang Tiada  Akhir”. Banyak yang mengatakan bahwa hanya sekali mengunjugi Yogyakarta tidaklah cukup.
Sejumlah hal yang bisa Anda rasakan di Jogja akan menjadi luar biasa. Anda dapat mulai dari keindahan alamnya, kekayaan seni dan tradisi dan warisan budaya, hingga berwisata kuliner. Inilah sebabnya mengapa Jogja menjadi tujuan wisata paling sering dikunjungi kedua di Indonesia setelah Bali.
Ada sekitar 70.000 industri kerajinan dan fasilitas lain seperti akomodasi dan transportasi. sejumlah restoran, agen perjalanan, dan sarana pendukung pariwisata yang layak, dan polisi pariwisata yang di kenal sebagai Bhayangkara Wisata.

Hari Ke 1
Kali ini saya akan menceritakan trip ala backpacker ke jogja, tentu saja saya tidak sendirian kali ini kami berangkat ke jogja rame – rame ada 8 orang dalam 1 rombongan kami. Perjalanan kami mulai dari stasiun gubeng surabaya. Kami berangkat pada hari jumat 13 maret 2015 pukul 08.30 mengunakan kereta api logawa, kami tiba di jogja stasiun lempuyangan pada pukul 14.00 WIB. Setibanya di stasiun lempuyangan kami langsung di jemput oleh teman – teman kopertrip yang sebelumnya sudah kami kontak. Kopertrip adalah usaha persewaan motor yang ada dijogja. Sesudah mendapatkan motor kami langsung tancap gas ke malioboro untuk mencari penginapan, langsung saja kami menuju home stay griya ingil alamatnya yaitu di jalan sastrowijaya 2 tepatnya belakang CK. Setelah mendapan penginapan kami langsung melepas lelah dengan makan di warung sebelah penginapan dan tidur sejenak. Pukul 19.30 WIB kami memutuskan untuk jalan jalan, ngopi, makan dan foto – foto di malioboro hingga pukul 23.30 kami kembali ke penginapan dan beristirahat.

KA Logawa
Tiket Kereta Surabaya – Jogja
 Rp   50.000
Nasi Bungkus di stasiun gubeng
 Rp     7.000
Snack
Camilan selama perjalanan di kereta
 Rp   10.000
Sewa motor
Rp 60.000 permotor di bagi dua orang dan dikalikan selama dua hari
 Rp   60.000
Sewa home stay
Nama home staynya griya inggil, biaya perkamar Rp 120.000 di bagi empat orang dan dikalikan selama tiga hari
 Rp   90.000
 Rp     8.000
 Rp 252.000

Dokumentasi :

(suasana kreta logawa surabaya - jogja)

(ikon kota jogjakarta)

(foto - foto di area tugu jogja)

Hari Ke 2
di hari kedua ini destinasi wisata yang kami tuju yaitu berada di gunung kidul yaitu pantai nglambor. Sebelum memulai petualangan pagi hari ini kami memutuskan untuk mencari sarapan pagi di dekat home stay. Setelah sarapan kami langsung memulai perjalanan dari malioboro pukul 08.30 WIB setelah kurang lebih 3 jam menempuh perjalanan akhirnya kami tiba di tempat yang kami tuju yaitu pantai ngelambor. Kami tiba di pantai ngelambor pukul 12.00 berhubung ombak lagi tinggi – tinggi nya kami tidak di perbolehkan snorkling dan kami harus menunggu hingga air laut agak tenang, sembari menunggu kami hunting foto di area pantai ngelambor. Setelah puas hunting foto perut pun terasa lapar kami memutuskan mencari makan di warung area pantai ngelambor. Setelah kenyang kami memutuskan istirahat sejenak di warung hingga diizinkan untuk bersnorkling. Pukul 15.30 WIB akhirnya kami diizinkan bersnorkling, sayangnya dipantai ngelambor ini banyak karang yang rusak tapi banyak sepesies laut yang kita temui saat bersnorkling di pantai ngelambor ini. Tak terasa waktu sudah hampir petang dan akhirnya kami harus mengakhiri kegiatan snorkling sore hari ini. Sore hari ini terasa indah dan ditutup dengan sun set yang luar biasa. Setelah puas dengan trip dipantai ngelambor kami memutuskan pulang ke penginapan, ditengah perjalanan perut kami sedikit lapar dan akhirnya memutuskan untuk mencari angkringan di tengah perjalanan. Setelah makan laju motor kami kembali terhenti oleh kemerlap lampu dibukit bintang. Pukul 23.00 WIB kami tiba di penginapan dan langsung memutuskan untuk istirahat.

Soto daging dekat penginapan
Rp   12.000
Bensin motor
Keliling – keliling wisata jogja Rp 30.000 full tank dibagi dua orang
Rp   15.000
Makan Siang
Makan mie + telor di area pantai nglambor
Parkir
Parkir motor di pantai ngelambor
Rp     3.000
Sewa alat snorkling
Paket wisata BNS : alat snorkling + gopro biaya perorangan
Rp   50.000
Di angkringan saat perjalanan
Rp     8.000
Nongkrong
Nyamil jagung di bukit bintang
Rp     5.000
Rp 103.000

Dokumentasi :
(Siang hari dipantai nglambor)

(selfi - selfi dululah sebelum snorkling)

(sensasi plong, snorkling dipantai nglambor)

(senja dipantai nglambor)

(malam di bukit bintang dengan wajah lelah)

Hari Ke 3
Pada hari ke tiga ini kami memutuskan untuk berwisata di area malioboro dan berbelajanja oleh – oleh. Pagi – pagi kami dibangunkan oleh ibu penjual jajan dan makanan, akhirnya kami memutuskan untuk membeli sarapan dari ibu tersebut. Setelah perut kami terisi kami langsung bersiap – siap dan bergegas untuk mengeksplore malioboro, tujuan pertama kami yaitu di benteng vandenberg. Di benteng vendenberg ini kita dapat melihat benteng peningalan belanda, selain itu kita juga dapat menyaksikan film perjuangan yang diputar pada salah satu ruangan di benteng vandenberg. Setelah puas menikmati keunikan benteng vandenberg kami langsung bergegas ke tamansari jogja, taman sari adalah situs bekas taman atau kebun istana keraton ngayogyakarto hadiningrat. Setelah puas keliling – keliling taman sari kami diajak teman saya dari jogja untuk main kerumahnya, lumayanlah main – main sembari dapet makan siang gratis. Waktu kala itu berlalu sangat cepat, tak terasa waktu menunjukan pukul 13.30 WIB kami langsung bergegas menuju stasiun untuk memesan tiket kepulangan kesurabaya esok hari. Setelah tiket didapat kami langsung bergegas ke alon – alon kidul jogja untuk menikmati sore sambil menunggu sunset dijogja. Malam pun tiba kami memutuskan untuk kembali ke penginapan untuk mengisi tenaga kami. Berhubung salah satu dari teman kami yang ulang tahun lumayan lah saya dapat makan malem gratis, di cafe pula haha. Seusai dari illy cafe kami langsung bergegas jalan – jalan di area malioboro untuk menikmati malam dikota jogja.

Makan Pagi
Nasi bungkus ibu – ibu keliling
Benteng vandenberg
Tiket masuk benteng dan parkir
Rp     5.000
Tamansari
Tiket masuk tamansari dan parkir
Makan siang
Parkir dan balon
Rp     7.000
Makan Malam
Gratis, ada yang bayarin ultah
Nongkrong
Wisata malam di sekitar malioboro
Rp   87.000

Dokumentasi :

(sesekali selfi di benteng vendenberg, boleh lah)

(taman sarijogja)

(alun - alun kidul jogja)

(senja di kota jogja)

(illy cafe, perbaikan gizi)
 (malam di jogja memang tidak pernah sepi)

Hari Ke 4
Akhirnya pagi pun tiba kami harus bergegas balikin motor dan menuju stasiun untuk kembali pulang ke surabaya. Kereta kami berangkat dari stasiun lempuyangan pukul 07.00 WIB dan tiba disurabaya pukul 13.00 WIB.

Dokumentasi :
(pulang kampung ke surabaya)

Kesimpulan dan saran :
Selama berliburan 4 hari dijogja saya menghabiskan dana sebesar 442.000. untuk menghemat biaya hindari mengunakan angkutan umum untuk mengeksplore jogja, ada baiknya langsung boking motor untuk beberapa hari. Selain itu carilah penginapan di plosok – plosok perkampungan biasanya lebih murah dari pada penginapan yang dipinggir jalan. Agar lebih hemat makanlah di angkringan dan hindari makan di depot, lebih baik jika anda tanya harga terlebih dahulu.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.