Backpacker Hemat surabaya - Bali

by 09.02 2 komentar

BACKPAKER KE PULAU MENJANGAN BALI

Pulau menjangan Bali merupakan tempat yang wajib di kunjungi bagi pecinta Snorkeling dan Diving di Bali. letaknya di Taman Nasional Bali Barat ( TNBB ) Perbatasan antara Jembrana & buleleng, 15Kilo dari pelabuhan Gilimanuk, untuk menuju ke Snorkeling spot di Pulau menjangan kita menuju ke Pelabuhan Banyuwedang Pelabuhanya bersebelahan dengan Mimpi Resort.
Banyak wisatawan yang belum Tau tentang pulau menjangan ini, kebanyakan yang mengetahui adalah turis yang hobi Diving. Menjangan yang berarti Kijang, dikarenakan pulau ini di huni kawanan rusa atau kijang liar. di pulau menjangan ini di terkenal dengan Wall Diving terbaik di bali.
disini terdapat Banyak spot untuk snorkeling, yang pasti Oke banget!!!.


Hari ke 1 :
Perjalanan kami mulai dari stasiun gubeng surabaya, kami yang berangotakan 4 orang (Saya Aggi, dan ketiga teman saya ; mamad, aming dan fajar). Pukul 04.00 dini hari kami berkumpul di stasiun gubeng demi menempuh perjalanan ke banyuwangi mengunakan kereta probowangi. Pukul 11.00 WIB kami sampai stasiun banyuwangi baru, berhubung perut kami lapar kami memutuskan mencari makan di sekitar area stasiun sebelum menyebrang ke pelabuhan ketapang. Setelah kenyang kami memutuskan untuk berjalan kaki dari stasiun banyuwangi baru ke pelabuhan ketapang, jaraknya cukup dekat +- 500 meter. Penyebrangan dari ketapang ke gilimanuk ditempuh dalam waktu 30 – 60 menit menggunakan kapal feri. Setelah sampai ke pelabuhan gilimanuk berjalanlah kearah terminal gilimanuk yang jaraknya +- 300 meter dari penyebrangan, cari angkut warna merah berbentuk byson yang menuju ke arah labuhan lalang. Dengan mengunakan angkut gilimanuk – labuhan lalang ditempuh dalam waktu 25 menit. Sekitar pukul 16.00 WITA kami sampai dilabuhan lalang. Labuhan lalang adalah dermaga untuk menyebrang ke pulau menjangan. Setelah sampai labuhan lalang kami langsung mendirikan tenda untuk beristirahat diarea dermaga. Seusai mendirikan tenda kami langsung bermain air dan menikmati senja dilabuhan lalang, SORE KALA ITU TERASA INDAH !!!. setelah lelah bermain dan perut kita mulai lapar, kami memutuskan kembali tenda untuk membuat makanan dan minum kopi sembari menikmati malam.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
KA Probowangi
Tiket Kereta surabaya - banyuwangi
Rp 48.000
Makan Pagi
Snack + Roti + Camilan
Rp 10.000
Makan Siang
Pecel + Es teh didepan stasiun banyuwangi baru
Rp   8.000
Kapal Feri
Penyebrangan Ketapang - Gilimanuk
Rp   8.000
Angkutan Umum
Dari Gilimanuk – Labuhan Lalang
Rp 15.000
Makan Malam
Free (Persediaan Bekal Dari Rumah)
-
Total
Rp 89.000

Dokumentasi :

(Suasana Kreta Probowangi)

(Makan siang didepan stasiun banyuwangi baru)


(Dari kiri : Saya, Mamad, Aming dan Fajar)

 
(Senja bergurau, labuhan lalang)

 (Senja dilabuhan lalang)

 (taraaa !!, ini santap malam kami)


Hari Ke 2 :
Hangat mentari pagi dilabuhan lalang mulai membangunkan kami, yee akhirnya kegiatan snorkling yang kami idamkan siap dimulai. Dipagi itu kami mulai bertanya – tanya tentang penyebrangan ke pulau menjangan, dari informasi yang kami gali biaya penyebragan ke pulau menjagan cukup mahal jika hanya dilakukan 4 orang. Untuk menghemat biaya kami memutuskan untuk menunggu rombongan wisatawan lain untuk join trip bareng kami, sembari menunggu kami memutuskan untuk membuat santapan pagi biar perut terisi. Setelah lama menunggu akhirnya kami menemukan trip patner dari surabaya, mereka berasal dari FKG Unair. Gak butuh waktu lama kami langsung bernegosiasi dengan petugas penyebrangan dan menyewa alat snorkling. Pukul 12.00 WITA kami menyebrang ke pulau menjangan, dengan mengunakan speed boat perjalanan ditempuh dalam waktu 20 menit. Keindahan pulau menjangan membuat kami tak sabar untuk menikmatinya, tak butuh waktu lama kami langsung bermain air dan bercengkrama dengan keindahan alam menjangan. Waktu berlalu sangat cepat hingga bapak pemandu menyuruh kami untuk kembali ke labuhan lalang, dengan berat hati akhirnya kami kembali kelabuhan lalang.setelah sampai labuhan lalang kami langsung berkemas, mandi dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke denpasar. Berkat Kakak2 dokter gigi perjalanan kami masi bisa berlanjut ke denpasar hehe, makasi ya kakak :D. Setelah semua siap kami menunggu angkut dari labuhan lalang – gilimanuk, setelah dapat angkut kami turun di pertigaan gilimanuk untuk mencari bis ke arah terminal ubung denpasar. Perjalanan dari dilimanuk ke denpasar kami tempuh dalam waktu 4 jam. Kami sampai terminal ubung pukul 16.00 WITA, berhubung perut kami lapar kami memutuskan keliling – keliling terminal untuk mencari makan dan mencari informasi penyewaan sepeda motor. Setelah makan kami langsung menuju ke persewaan sepeda motor ROHIM MOTOR (Sebut aja bro JACK) haha, letak persewaan motornya didalam terminal ubung pojok sendiri. Setelah dapet motor kami langsung bergegas menuju kuta, tujuan kami tentu langsung ke Popies lane 2 untuk mencari penginapan. Berhubung kami tidak tahu arah + Suasana kute yang macet (Maklum malam minggu) membuat perjalanan kami terasa lama. Setelah muter2 kami akhirnya mendapat penginapan murah, kami memutuskan untuk istirahat sejenak dan melepas lelah. Pukul 23.00 WITA kami terbangun dan memutuskan untuk berjalan – jalan kepantai kuta dan mencari makan di McD. Kuta “Party all night long and every day is holiday” itulah yang tergambar dibenak saya. Setelah lelah berjalan – jalan kami memutuskan kembali ke penginapan dan beristirahat.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
Makan Pagi
Free (Bekal dari Rumah)
-
Wisata P. Menjangan
Sewa kapal, pemandu dan perlengkapan snorkling 10 orang (Biaya yang dikeluarkan per orang)
Rp 80.000
Mandi
Sewa toilet untuk mandi sehabis snorkling
Rp   3.000
Angkutan Umum
Dari Labuhan Lalang - Gilimanuk
Rp 10.000
Bus
Dari Gilimanuk – Terminal Ubung (Denpasar)
Rp 40.000
Makan Siang
Rawon + Es Jeruk didepan terminal Ubung
Rp 15.000
Sewa Motor
Rp 60.000 (motor bebek) dibagi dua orang (Biaya per orang)
Rp 30.000
Bensin Motor
-
Rp 10.000
Penginapan
Rp 120.000 (untuk 3 Orang, temen kami yang satunya tidur di kerabatnya) jadi biaya yang dikeluarkan per orang
Rp 40.000
Makan Malam
Burger + McFloat diMcD kuta
Rp 25.000
Total
Rp 253.000

Dokumentasi :

 (ini dia fairy tooth.nya unair, yang belakang begundal hehe)

(akhirnya sampai juga di dermaga pulau menjangan)

 (Indahnya pulau menjangan)

(langsung gak sabar main air dipulau menjangan)

 (Underwaternya pulau menjangan)

 (makasi om udh nganterin kami ke surga haha)

  (jelajah malam dikuta)

  (santap malam di McD kuta)

Hari Ke 3 :
Karena terlalu lelah berkeliling kuta malam hari, pagi harinya kami pun bangun pukul 10.00 WITA, molor banget haha. Karena kondisi perut yang lapar kami langsung bikin sarapan ala – ala chef aming. Setelah itu saya memutuskan mengelilingi pantai kuta disiang hari, kondisi pantainya kotor banget sehinga membuat saya tidak betah berlama – lama di pantai dan memutuskan kembali ke penginapan. Pukul 12.00 WITA kami packing barang dan cek out dari penginapan, setelah itu kami memutuskan untuk berjalan – jalan ke denpasar ganterin si fajar beli baju dan sepatu. Harga sepatu dan baju di bali ini bener murah – murah jika di bandingin di surabaya, untungnya saya tidak tergiur untuk shoping haha. Setelah lama shoping dan muter – muter denpasar kami memutuskan untuk pergi ke pantai seminyak. Karena kondisi perut yang lapar habis muter – muter shoping kami memutuskan mencari mini market untuk sekedar mengisi perut hehe. Setelah perut terisi kami langsung menuju ke pantai seminyak. Kondisi pantai seminyak di sore hari sangat ramai tapi suasananya lebih baiklah dari pada kuta, di seminyak ini banyak sekali resort – resort mewah dengan pemandangan yang sangat bagus berhubung dompet kami tipis kami memilih untuk menahan diri alias keliling – keliling pantai biasa haha. Setelah lelah berkeliling kami memutuskan kembali keterminal ubung untuk balikin motornya Bro JACK haha, meskipun balikinnya telat lama sama bro JACK gak didenda (iyalah kita kan brother haha, baru kenal padahal). Setelah balikin motor kami nunggu bus yang akan mempawa kami pulang ke gilimanuk, sambil menunggu kami ngobrol2 dlu lah sama bro JACK dan kawan2nya bro JACK haha. Setelah dapat bus kami masih harus menunggu penumpang lain sampai busnya penuh, huft lama juga. Karena gak sabar nunggu kami memutuskan untuk mencari makan. Dari terminal ubung kami berangkat pukul 21.00 dan tiba di pelabuhan gilimanuk sekitar 00.30.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
Makan Pagi
Free (Bekal dari Rumah)
-
Wisata Pantai Kuta
Jalan Kaki
-
Beli air mineral
2 botol air mineral besar + 1 ponari sweet
Rp 17.000
Muter – Muter Denpasar
Biaya bensin per orang
Rp 10.000
Makan Siang
DI Ck (Es Krim + Popmi + Snack + Soda + dll)
Rp 35.000
Wisata Pantai Seminyak
Jalan Kaki
-
Beli air mineral
1 botol mizone
Rp   5.000
Makan Malam
Soto + Es Teh didepan terminal ubung
Rp 14.000
Bus
Dari Terminal ubung – pelabuhan gilimanuk (setelah tawar menawar)
Rp 35.000
Total
Rp 116.000

  Dokumentasi :
(molor, mungkin terlalu lelah)

(jalan - jalan dipantai seminyak)

  (wajah lelah, perjalanan pulang dari ubung ke gilimanuk)

Hari Ke 4
Dengan kondisi sangat lelah kami memutuskan untuk segera menyebrang ke gilimanuk menggunakan kapal feri. Didalam kapal feri kami langsung naik keatas dek kapal feri untuk tidur – tiduran dan menikmati angin spoi – spoi. Sekitar pukul 01.30 dinihari kami tiba di pelabuhan ketapang. Berhubung perut kami lagi lapar kami langsung memasak makanan dipinggir jalan, setelah kenyang makan kami memutuskan untuk mencari masjid (Buat ibadah sekalian numpang istirahat), tak jauh dari pelabuhan kami menemukan sebuah masjid. Berhubung waktu menunjukan subuh kami langsung melakukan sholat subuh, setelah sholat kami langsung tidur di pelataran masjid. Setelah tidur cukup nyenyak pukul 08.00 WIB kami terbangun, kami langsung membersihkan diri dan pergi mencari sarapan pagi sembari memesan tiket kereta banyuwanggi surabaya. Pada pukul 14.30 kami kembali ke surabaya mengunakan kereta probowanggi. Sesampai disurabaya pukul 22.00.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
Kapal Feri
Dari gilimanuk - ketapang
Rp   8.000
Makan dini hari
Bekal dari rumah
-
Makan Pagi
Beli makanan di mini market
Rp 15.000
Makan Siang
Bekal dari rumah
-
Tiket Kreta probowangi
Dari Banyuwangi ke surabaya
Rp 48.000
Total
Rp 71.000

Dokumentasi :

 (angin spoi - spoi diatas dek kapal)

  (nongkrong dijalanan haha)

 (bekal sebelum pulang)

Kesimpulan dan Saran :
Dari total keseluruhan selama 4 hari perjalanan kami kebali menghabiskan dana sebesar Rp 529.000. untuk kalian yang ingin liburan kebali sebaiknya tidak berangkat pada hari libur karena kondisi dibali sangatlah ramai pada hari libur. Ada baiknya kalian lebih banyak mengali info mengenai tempat wisata dan transportasi dibali agar dapat menekan biaya. Disarankan untuk menyewa motor dari pada menyewa taxi untuk mengeksplore bali.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

2 komentar: