Backpacker Explore Tulunggagung

by 01.48 1 komentar

BACKPACKER HEMAT HASIL MAKSIMAL

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman backpacker saya yang low budget banget tapi hasilnya maksimal. petualangan backpaker saya kali ini di daerah tulungagung, Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kenapa saya memilih liburan ke tulungagung karena letak geografis tulungagung yang dekat dengan pantai dan dikelilingi dengan pegunungan pasti banyak wisata alam yang bisa di eksplore.


Hari ke 1 :
Perjalanan saya mulai dari stasiun gubeng menggunakan kereta api rapin dhoho, sebenarnya bisa juga mengunakan bus tapi karena alasan kenyamanan saya lebih memilih menggunakan kereta. Sebelum kereta berangkat saya memutuskan untuk membeli sedikit snack buat teman perjalanan, pukul 08.30 kereta rapin dhoho berangkat, selama perjalanan saya disuguhi pemandangan alam dan persawahan hijau yang memanjakan mata. Tak terasa sekitar kurang lebih 5 jam perjalanan akhirnya saya tiba di stasiun tulungagung. Dari stasiun saya melanjutkan perjalanan mengunakan becak ke rumah salah satu krabat saya ditulung agung. Setibanya disana saya langsung beristirahat. Malah hari pun tiba sayang sekali jika kami lewatkan hanya dengan berdiam diri dirumah, akhirnya kami memutuskan untuk nongkrong diwarung kopi.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
Makan Pagi
Snack dan minuman
Rp  15.000
KA Rapin doho
Tiket Kereta surabaya - TA
Rp  15.000
Becak
Stasiun ke rumah teman saya
Rp  10.000
Makan siang
Gratis, numpang dirumah temen
Rp  -
Makan Malam
Gratis, numpang dirumah temen
Rp  -
Ngopi
Kopi ijo tulung agung + rokok
Rp    8.000
Total
Rp 48.000

Dokumentasi :

Stasiun Tulunggagung
Hari ke 2 :
Hari yang kami tunggu – tunggu akhirnya datang juga, tanpa pikir panjang kami langsung memutuskan untuk berwisata kepantai sanggar. Sebelum memulai wisata allamdulilah saya sudah dihidangkan makan oleh temen saya. Setelah perut terisi kami langsung tancap gas ke selatan tulungagung. Setelah menempuh 2 jam perjalanan kami akhirnya tiba di area pantai sangar, sayangnya motor kami tidak dapat masuk lebih mendekat kepantai dikarena medan yang berat. Akhirnya kami memutuskan untuk memarkir motor kami di rumah warga, dan kami harus berjalan kaki kurang lebih 3 km agar bisa sampai dipantai sanggar. Lelah kami akhirnya terbayar setelah mendengar gemuruh ombak dan birunya lautan, tak ingin melewatkan moment tersebut kami langsung mengabadikan foto. Waktu bergerak dengan cepat dan akhirnya kami pun harus kembali pulang. Sesudahnya sampai dirumah teman saya, saya langsung beristirahat karena kelelahan.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
Makan Pagi
Gratis, numpang dirumah temen
Rp  -
Transport
Bensin
Rp  20.000
Makan Siang
Makan saat perjalanan
Rp  12.000
Parkir
Biaya parkir motor di area pantai sanggar
Rp    5.000
Makan Malam
Makan saat pulang perjalanan
Rp  15.000
Total
Rp 52.000

Dokumentasi :

(berfoto bareng bersama kawansawa dari tulungagung)

(pasir putih pantai sanggar)

Hari ke 3 :
Masi belum puas rasanya untuk mengeksplore tulungagung, tujuan wisata kami selanjutnya yaitu air terjun kandung dan pantai molang. Air terjun kandung terletak di desa rejotangan jika ditempung dengan motor memerlukan waktu 45 menit dari kota tulungagung. Pukul 09.00 wib kami tipa di alas kandung, keadaan yang masih belum terjamah membuat kami sedikit kesulitan mencari lokasi. Setelah lama mencari akhirna kami menemukan air terjun yang sepi dengan air yang jernih, tak butuh waktu lama kami langsung menceburkan diri kami ke air terjun tersebut. Untuk anda yang tidak bisa berenang sebaiknya jangan coba – coba mendekati air terjun ini, karena kedalaman air terjun ini sampai 7 m. Setelah puas bermain air kami melanjutkan perjalanan kami kearah barat daya tulungagung yaitu tepatnya dipantai molang. Dari alas kandung kami langsung tancap gas ke pantai molang, bermodalkan GPS kami memberanikan diri mencari pantai tersebut. Ditengah terik panasnya matahari tulungagung kami terus melanjutkan perjalanan kami, jalan yang berliku – liku pun kami lalui. Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan kami pun tiba dilokasi. Kondisi pantai yang sepi dan ombak yang sangat besar menyurutkan niat kami untuk bermain air dipantai, akhirnya kami Cuma meng abadikan moment di pantai lalu kami bergegas pulang. Pukul 18.00 saya harus kembali ke surabaya karena jadwal kereta sudah menunggu saya. Liburan di tulungagung pun saya lalui dengan sangat menyenangkan.
 
Kegiatan
Keterangan
Biaya
Makan Pagi
Gratis, numpang temen
Rp  -
Transport
Bensin motor
Rp  15.000
Parkir
Parkir dialas kandung
Rp    5.000
Makan siang
Di tengah perjalanan
Rp  10.000
Makan Malam
Di dekat stasiun TA
Rp  17.000
KA Rapin dhoho
Dari TA ke Surabaya
Rp  15.000
Total
Rp 62.000

Dokumentasi :

Air Terjun Alas Kandung
Sendiri Memang Lebih Indah


Kolam Renang Buatan Tuhan

Pantai Molang, Sepi Dan Belum Terjamah

Vitamin Sea
Kesimpulan :
Total saya menghabiskan dana Rp 162.000 selama 3 hari ditulungagung, untuk menghemat dana manfaatkan segala fasilitas yang ada termasuk teman anda hehe. Rencanakan perjalanan anda agar lebih menyenangkan.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar: