Pulau Sempu Yang Eksotis

by 22.42 0 komentar

EKSOTISME PULAU SEMPU

(Point of view pulau sempu yang masih sepi)

Hari Ke 1
Pulau sempu adalah kawasan wisata cagar alam yang terletak diarah selatan kota Malang. 4 tahun lalu tepatnya saya mengunjungi Pulau yang belum terlalu banyak dikenal orang seperti sekarang, tepatnya di penghujung tahun 2012. Tepat pada hari jumat pagi perjalanan kami mulai dari surabaya, dibutuhkan waktu sekitar 5 - 6 jam untuk sampai ke sendang biru. waktu sudah menunjukan pukul 13.00 Wib, kami bergegas memarkir motor kami diarea parkir dan mengurus perizinan untuk masuk ke pulau sempu sembari menyari kapal nelayan yang bersedia mengangkut kami. setelah perizinan beres kami langsung bergegas  menuju kapal dan petualangan pun kami mulai. sekitar 30 menit kami tiba pulau sempu. dari pulau sempu kami harus tracking kurang lebih 3 jam untuk mencapai segara anakan. perjalanan kami lakukan dengan jatuh bangun untuk mencapai segara anakan iya maklum saja kala itu hujan sedang turun deras - derasnya dan jalanan pun jadi becek. perjalanan yang kami lakukan serasa terbayarkan setelah kami melihat keindahan danau segara anakan. lelah kami terasa tersingkirkan setelah kami berendam didanau segara anakan. Waktu menunjukan pukul 17.00 dan kami segera bergegas membangun tenda. waktu terasa begitu cepat dan malampun kami tutup dengan api unggun sembari bernyanyi.

Kegiatan
Nasi Bungkus
Rp.    8.000
Sewa Alat Camping
Tenda Dll Total Rp 250.000 (@10)
Beli bahan makan
Persediaan camping Rp. 400.000
Rp.  40.000
Biaya Preizinan Sempu
Perizinan, sewa kapal, pemandu dll

Rp. 153.000

Dokumentasi :
(Pasukan huru - hara pembelah samudra haha)
(Suasana Dikapal sebelum tiba dipulau sempu)

(Taraaa...!! tiba dipulau sempu, gk ada dermaga kecek tipis2)

(Perjalanan menuju danau segara anakan yang cukup terjal)

Hari Ke 2
Pagi dipulau sempu sangatlah sepi kalai itu cuma ada 3 tenda termasuk tenda kami, iya pulau sempu kala itu belum sepopuler sekarang hanya seglintir orang saja yang tahu keindahannya. pagi kami mulai dengan melihat sunraise di atas tebing, terlihat luas laut selatan dengan ombaknya yang ganas dengan paduan warna keemasan. waktu berlalu begitu cepat sampai kami lupa sarapan, tanpa buang waktu kami segera memasak mie instant dan menanak nasi cukuplah buat menganjal perut. setelah sarapan kami bermain air hingga puas dan mengeksplore danau segara anakan. waktu terasa berlalu sangat cepat tidak kerasa kami bermain di pulau sempu sampai malam. kala itu badai turun sangat derasnya hingga kami memutuskan untuk berlindung dibalik tenda. untung tidak ada kejadian yang tidak kami inginkan sehingga liburan kami tetap berjalan dengan menyenangkan. di hari kedua ini kami tidak mengeluarkan biaya apapum iya karena sebelumnya kami sudah menyiapkan bekal sebelum camping kepulau sempu.
Dokumentasi :
(Suasana pagi pulau sempu)

(point of view matahari terbit dipulau sempu)
(Kelaparan menunggu sarapan)

(Main air di danau segara anakan pulau sempu)

(Masak - Masak.an buat santap malam)
(laper boss.. gk cepet gk kebagian)
(sing song seusai makan, perut kenyang kita kembali bersahabat haha)

Hari Ke 3
tidak terasa sudah sehari semalam kami tinggal dipulau sempu, dan pada pagi ini kami memutuskan pulang. tak butuh waktu lama untuk mempacking parang, tepat pukul 09.00 WIB kami memutuskan untuk meningalkan danau segara anakan. setelah 3 jam tracking akhirnya kami sampai kedermaga untuk menunggu jemputan kapal. setibanya di sendang biru kami memutuskan untuk mencari makan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke surabaya. perjalanan kami mulai dari sendang biru puluk 14.00 WIB dan kami tiba disurabaya sekitar pukul 19.00 WIB.

Kegiatan
Keterangan
Biaya
Makan Siang
Di warung daerah sendang biru
Rp.  20.000
Transport pulang
Bensin motor Mlg - Sby
Makan Malam
Makan malam dan jajan di tengah perjalanan

Total
Rp.  70.000

Dokumentasi :

(Pagi kedua dipulau sempu)

(main bola pantai)

(Tracking pulang)

Tips :
Bagi kalian yang ingin pergi kepulau sempu sebaiknya bawa rombongan 8 - 12 orang per tim, tujuannya untuk menghemat biaya. jika kalian ingin camping jaga kebersihan dan bawa pulang sampahmu. pakailah perlengkapan tracking deperti sepatu dan perlengkapan lainnya agar perjalanan tracking kalian aman. jangan lupa bawa jas hujan jika kalian berpergian dimusim hujan. jaga makanan kalian baik - baik agar tidak memancing monyet liar menyerang kalian. bawalah tongkat atau alat keamanan lainnya untuk mengusir serangan hewan liar.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.